asuransi kesehatan rawat jalan

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat biaya pengobatan dan perawatan medis yang tidak memerlukan rawat inap. Polis asuransi ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan terbaik dan terjangkau. 

Dengan memiliki asuransi kesehatan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan akses ke layanan kesehatan seperti konsultasi dokter, pemeriksaan diagnostik, dan obat-obatan tanpa perlu rawat inap. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai apa itu asuransi kesehatan rawat jalan, manfaat hingga pilihan produknya.

Apa Itu Asuransi Rawat Jalan? 

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan finansial untuk biaya pengobatan yang tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit. Perlindungan asuransi jenis ini mencakup berbagai perawatan medis yang dilakukan di klinik, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lainnya tanpa perlu menginap, seperti konsultasi dokter, pemeriksaan kesehatan, tes laboratorium, dan pembelian obat-obatan.

Dengan memiliki asuransi rawat jalan, kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi berbagai biaya pengobatan yang tidak murah. Manfaat asuransi rawat jalan ini bisa kamu peroleh baik melalui polis asuransi kesehatan yang mencakup rawat jalan maupun melalui polis yang berdiri sendiri, tanpa perlu membeli asuransi kesehatan secara keseluruhan.

Kenapa Perlu Asuransi Kesehatan Rawat Jalan?

Asuransi kesehatan merupakan bentuk perlindungan finansial yang diberikan sebagai jaminan atas biaya yang timbul saat pemilik polis asuransi mengalami gangguan kesehatan atau mengalami kecelakaan yang memerlukan perawatan kesehatan.  

Asuransi kesehatan rawat jalan dapat dikatakan lebih spesifik dibandingkan dengan asuransi kesehatan umum, yaitu hanya menanggung biaya rawat jalan. Artinya, jenis asuransi ini tidak mengcover biaya rawat inap yang biasanya akan lebih mahal lagi dari preminya. 

Dengan membayar polis asuransi kesehatan rawat jalan, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah pertanggungan atau santunan yang besarannya sudah disepakati dalam polis, ketika pemegang polis tersebut mengalami sakit dan memerlukan rawat jalan. Itu sebabnya, asuransi kesehatan rawat jalan penting untuk kamu miliki.

Sementara itu jika kamu memerlukan rawat inap, maka opsinya kamu bisa pakai asuransi santunan rawat inap  atau asuransi kesehatan yang memiliki manfaat rawat inap. Dengan begitu, kamu bisa terbantu bila terpaksa harus menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Masih mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan rawat jalan perorangan? Selain sudah tahu manfaat umum dari asuransi kesehatan rawat jalan, ada beberapa manfaat lain yang perlu kamu tahu.  

1. Penggantian biaya rawat jalan 

Asuransi kesehatan rawat jalan memberikan penggantian biaya untuk berbagai layanan medis tanpa memerlukan rawat inap. Ini mencakup konsultasi dokter, pemeriksaan diagnostik, tes laboratorium, dan pembelian obat-obatan. Dengan asuransi ini, kamu dapat mengakses perawatan yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang biaya yang harus dikeluarkan dari kantong pribadi.

2. Melindungi aset finansial 

Biaya medis meningkat dari tahun ke tahun sehingga menabung atau mengumpulkan dana darurat saja tidak cukup. Apalagi ketika kita berhadapan dengan kondisi kesehatan yang serius.  

Dengan asuransi kesehatan rawat jalan cashless maupun reimburse, kondisi keuangan kamu tidak akan terganggu ketika ada kondisi kesehatan yang memerlukan biaya. Tabungan, investasi dan dana darurat kamu bisa tetap aman di tempatnya. 

3. Jaringan rumah sakit yang luas 

Asuransi kesehatan rawat jalan terbaik biasanya memiliki rekanan jaringan rumah sakit yang luas. Hal ini penting untuk memastikan pemilik polis bisa mengakses fasilitas kesehatan yang diperlukan dan diinginkannya, di mana saja.   

Dan ketika diperlukan diagnosa atau pemeriksaan lanjutan, jaringan rumah sakit ini bisa memberikan opsi yang luas kepada pemilik polis, dengan fasilitas laboratorium dan pemeriksaan yang dimilikinya.  

4. Memberikan rasa tenang  

Tidak bisa dipungkiri, risiko kesehatan bisa datang kapan aja. Hal ini kadang membuat kita khawatir mengingat ada faktor finansial yang juga terkait.  

Dengan memiliki asuransi kesehatan rawat jalan pilihan, kamu bisa merasa lebih tenang karena ada perisai yang bisa melindungi dan menanggung risiko kesehatan kita.

Salah satu hal yang paling membuat kita cemas saat dirawat inap di rumah sakit adalah besarnya biaya yang harus kita bayarkan. Nggak usah khawatir, asuransi santunan rawat inap bisa membantu menanggung biaya rawat inap.

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan

Ada beberapa faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih polis asuransi kesehatan rawat jalan. Tujuannya, agar kamu yang tidak hanya mendapat polis asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial, tetapi juga memberikan manfaat optimal.

Berikut beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan rawat jalan terbaik. 

1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Pilihlah polis asuransi rawat jalan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Pastikan besaran premi dapat terjangkau dalam jangka waktu panjang tanpa memberatkan keuangan pribadi.

2. Utamakan yang Cashless

Sangat penting untuk memilih asuransi rawat jalan yang menawarkan sistem cashless yang mudah dan praktis. Dengan metode pembayaran ini, kamu dapat mengakses perawatan medis tanpa harus membayar di muka, sehingga mengurangi beban finansial dan prosesnya lebih cepat. 

3. Cek Persyaratan

Teliti dengan seksama persyaratan polis asuransi rawat jalan yang perusahaan asuransi tawarkan. Periksa batasan klaim, masa tunggu, serta cakupan layanan medis yang termasuk dalam polis tersebut agar sesuai dengan kebutuhan kesehatanmu.

4. Pastikan Rekanan Rumah Sakit Luas

Pilihlah asuransi rawat jalan yang memiliki jaringan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang luas dan terpercaya. Tetapi yang lebih penting lagi adalah dekat dengan domisili kamu saat ini. Hal ini akan memudahkan akses ke layanan medis berkualitas tanpa harus terbatas pada pilihan yang tersedia. 

Produk Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Setiap produk asuransi kesehatan punya manfaat atau benefit yang berbeda-beda. Lalu bagaimana memilihnya? Asuransi kesehatan rawat jalan terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup dan juga kemampuan finansial kamu.  

Kalau budget kamu terbatas, pilih saja manfaat asuransi kesehatan rawat jalan yang penting bagi kamu. Sebab, melindungi diri dengan asuransi sebenarnya bukan hal yang sulit, kok

Kamu juga bisa mempertimbangkan Hospital Cash Plan dari Roojai yang memberikan manfaat santunan tunai harian selama menjalani pengobatan di rumah sakit. Selain sebagai pengganti biaya pengobatan, asuransi ini juga dapat menjadi pengganti pemasukan yang hilang akibat dirawat di rumah sakit. 

Itulah pembahasan mengenai asuransi kesehatan rawat jalan, dari pengertian, manfaat hingga pentingnya asuransi ini. Semoga bermanfaat, ya!

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!