Menu

hidup senderhana
Image by tirachardz on Freepik

Tahun 2023 ekonomi dunia akan masuk jurang resesi! Tenang, tarik napas, tapi jangan tahan terlalu lama. Keluarkan perlahan. Begini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memang memprediksi akan terjadi resesi di tahun 2023. Menkeu mengacu pada studi Bank Dunia yang menilai kebijakan pengetatan moneter oleh bank-bank sentral akan berdampak pada krisis pasar uang dan pelemahan ekonomi. Tanda-tanda bakal resesi antara lain kenaikan suku bunga besar-besaran. Bank sentral Inggris sudah menaikkan suku buka, begitu pula bank sentral Eropa dan Amerika Serikat.  

Namun, kita semua sudah melewati satu masa sulit sejak awal 2020. Meskipun sulit, kita melewatinya dan masih bertahan sampai sekarang. Kamu mesti yakin, masa depan yang serba tidak pasti dapat juga terlewati. Salah satunya dengan memetic manfaat hidup sederhana .  

Ternyata, memilih gaya hidup yang sederhana banyak manfaatnya, lho! Kamu bisa mengira-ngira apa saja? Terus, bagaimana cara agar selain kita menjalaninya, kita dapat memetik manfaat hidup sederhana? Yuk, kita lanjut baca bisa sama-sama menambah pemahaman.

Sebelum resesi 2023 

I Wayan Nuka Lantara Ph.D., pengamat Perbankan, Keuangan, dan Investasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menjabarkan cara untuk mengelola keuangan pribadi dalam menghadapi ancaman resesi. Dia mengimbau masyarakat untuk merevisi rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.  

Ada tiga aspek yang bisa kamu lakukan, yaitu. 

1. Cari tambahan penghasilan 

Kamu perlu mempersiapkan dana darurat. Namun, kita sama-sama tahu kalau gaji saja tidak cukup untuk memenuhi target nominal dana darurat yang ideal. Kamu bisa mengupayakan dua cara, yaitu menemukan sumber pendapatan tambahan atau memanfaatkan hobi sebagai bisnis sampingan, berjualan online, serta rutin investasi.  

2. Investasi yang aman 

Meskipun pada saat ini situasi tidak menentu, Pakar UGM mengungkapkan bahwa investasi selama ini terbukti jadi cara efektif untuk melawan dampak negatif inflasi. Kamu bisa memilih investasi yang cocok dengan profil diri kamu.  

Untuk mengantisipasi resesi, sebaiknya investasi kamu lebih banyak di aset investasi yang tergolong aman (bukan yang memiliki risiko tinggi). pak Wayan mencontohkan pilihan investasi yang aman, seperti deposito, emas, dan surat berharga yang diterbitkan oleh negara. Jika kamu lebih tertarik investasi di saham, pilihlah saham perusahaan yang bergerak di industri consumer goods, kesehatan, bank, enegeri dan utilitas.  

3. Identifikasi pos-pos pengeluaran 

Kamu harus melakukan identifikasi ulang pada pos-pos pengeluaran. Jangan sampai pengeluaran membengkak. Carilah celah penghematan pada pos-pos pengeluaran yang dianggap kurang penting atau bisa ditunda. Itulah salah satu cara hidup sederhana.

Bagaimana kalau prediksi para ahli ekonomi jadi kenyataan? Yuk, pelajari apa yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi resesi di tahun 2023. Tetap hadapi masa depan tanpa rasa takut.

Arti hidup sederhana 

Hidup sederhana berarti menjalani hidup dengan tidak berlebihan. Selama ini, gaya hidup konsumtif membuat kita menganggap kebahagiaan dapat diraih jika segalanya sudah kita miliki. Namun, memiliki segalanya di masa resesi merupakan dua hal yang bertentangan.  

Sejak beberapa tahun lalu, gaya hidup minimalis perlahan dianggap sebagai alternatif yang lebih baik. Hidup sederhana memberikan banyak manfaat. Dengan prinsip hidup sederhana, kamu akan memiliki pola pikir yang tidak rumit ketika menghadapi masalah apa pun. Kita akan mengenali diri sendiri dan lebih bersyukur dengan keadaan. Dengan memilih hidup sederhana, artinya kamu memilih untuk semakin memahami diri dan menemukan hal-hal yang membuatmu bahagia.  

Desi Anwar, jurnalis senior dan penulis buku berjudul Hidup Sederhana: Mengingat Kembali Cara Menjalani Hari, menuliskan bahwa semakin banyak orang, terutama di kota besar, terperangkap dalam hidup yang serba sibuk. Hidup mereka begitu kompleks. Jauh dari kata sederhana.  

Mungkin kamu pernah melewati hari seperti skenario berikut. Kamu seharian berkutat dengan berbagai jadwal kegiatan. Untuk bernafas saja kamu tidak ada. Batin dan fisik tentu sangat lelah di pengujung hari. Masalahnya, tidak jarang kamu kesulitan untuk istirahat. Akhir pekan juga diisi agenda padat. Kapan waktu istirahat? Waktu kamu habis untuk mengerjakan berbagai hal hingga lupa bahwa kamu juga butuh memanjakan diri. 

Bagi Desi Anwar, hidup sederhana dapat berupa berjalan kaki menyusuri pusat kota, memperhatikan asupan makanan ke dalam tubuh, serta tetap berpikiran positif. Menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat akan berpengaruh pada kinerja sehari-hari. Hal-hal sederhana mampu mengubah cara pandang dan mencapai keseimbangan dalam menjalani hidup.

Cara hidup sederhana 

Melansir Gramedia.com, berikut lima cara hidup sederhana: 

1. Jalani gaya hidup sesuai kemampuan 

Kamu enggak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Gaya hidup sederhana dapat kamu terapkan dalam hal berpakaian, aksesoris, sampai hobi dan pilihan destinasi liburan. Tujuan utama dalam membeli barang adalah kegunaan dan manfaatnya. Periksa lagi apakah kamu membeli barang karena kebutuhan atau keinginan belaka. Enggak perlu FOMO sama setiap tren yang lewat. Jadi diri sendiri sudah cukup, kok.  

2. Syukuri setiap yang dimiliki 

Ambisi dalam kadar yang enggak berlebihan membantu kamu bertumbuh dalam hidup. Kalau berlebihan, ambisi dapat membawamu kepada penyesalan. Bagaimanapun, setiap pencapaian yang kamu dapat memiliki “harga” yang harus kamu korbankan. Setiap barang yang kamu miliki berarti ada pengeluaran yang kamu lakukan. Hidup sederhana bukan berarti berhenti mencapai sesuatu atau tidak lagi membeli barang. Kebiasaan bersyukur setiap hari akan membuat hidup sederhana jadi lebih nikmat untuk dijalani.  

3. Hindari impulsif ketika berbelanja 

Jangan mudah tergiur diskon atau promo. Belilah barang-barang sesuai kebutuhan saja. Jika kamu terpikir untuk melakukan pengeluaran besar, tahan dulu hingga beberapa hari atau beberapa minggu. Kamu akan terlepas dari jebakan keinginan sesaat. Jika setelah sekian minggu kamu masih membutuhkannya, barulah kamu membeli barang tersebut. Dengan demikian, kamu dapat terhindari dari rasa menyesal telah membeli barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.  

4. Lepaskan rasa kepemilikan  

Hidup sederhana juga bisa dilakukan dengan iklhas melepaskan atau membuang barang-barang yang tidak digunakan. Tumpukan barang tidak terpakai hanya akan menimbulkan stres dan kelelahan. Kamu dapat melakukan pembersihan secara bulanan. Sortir barang-barang yang dapat disumbangkan atau harus langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah. Lebih bagus lagi jika kamu dapat mengirimkannya ke lokasi daur ulang dan mengurangi sampah. 

5. Alokasikan keuangan semaksimal mungkin 

Hidup sederhana, terutama di masa resesi, dapat diterapkan dalam mengatur uang dengan bijak. Sesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan, hemat dalam melakukan pengeluaran. Buatlah skala prioritas. Jangan membeli barang tersier ketika kebutuhan primer dan sekundermu terabaikan. Alokasikan juga dana dari gaji untuk ditabung dan diinvestasikan. Sisihkan sebagian untuk berbagi atau bersedekah.

cara hidup senderhana
Image by pressfoto on Freepik 

Manfaat hidup sederhana 

Mungkin kamu masih ragu untuk menjalankan pola hidup sederhana. Nah, dengan melansir berbagai sumber, di bawah ini kamu akan membaca beberapa manfaat hidup sederhana, yaitu: 

1. Meningkatkan kepuasan hidup 

Hidup sederhana membuat kita selalu merasa cukup terhadap yang dimiliki. Kita menjadi manusia yang selalu bersyukur. Hidup sederhana dan enggak berlebihan bahkan menjadikan kita lebih suka untuk berbagi dan bersedekah. Orang yang hidup sederhana sudah tidak lagi mencari kebahagiaan dari materi, melainkan dalam bentuk lain, seperti berbagi kepada sesama. 

2. Terhindar dari stres finansial 

Hidup sederhana memberikan dampak positif terhadap kesehatan finansial kita, lho. Hal ini terkait dengan pengaturan keuangan. Semuanya jadi lebih sederhana. Kamu akan memiliki sikap selektif dan cermat dalam mengatur pemasukan serta pengeluaran. Hidup sederhana juga membuat kita terhindar dari lilitan utang. Kita hanya membeli barang-barang esensial. Namun, bukan berarti hidup sederhana tidak boleh senang-senang. Kamu masih bisa pergi jalan-jalan. Perilaku hemat dan suka menabung akan memberikan manfaat besar terhadap kehidupan kita di masa depan, termasuk ketika resesi ekonomi. 

3. Memperkuat hubungan dengan keluarga dan sahabat 

Dengan pola hidup sederhana, kita hanya memusatkan pikiran untuk hal-hal penting, termasuk keluarga, pasangan, dan sahabat. Kamu akan lebih leluasa mengalokasikan waktu untuk bercengkrama dengan mereka, menggunakan waktu untuk orang-orang yang kamu sayangi. Dengan demikian, hubungan kamu semakin erat. 

4. Hidup jadi lebih kreatif 

Kamu akan terus mencari cara agar bisa lebih berhemat, lebih kreatif mencari barang substitusi atau pengganti dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi tetap dengankegunaan yang sama-sama baik. Kamu juga akan lebih kreatif di dapur karena mengurangi membeli makanan jadi di luar rumah. 

5. Kita jadi lebih mengenal diri sendiri 

Hidup sederhana membuat kamu lebih mengenal kebutuhan diri sendiri. Kamu juga lebih peduli dengan diri karena sudah mempersiapkan keuangan di masa sulit, seperti resesi yang diprediksi. Pola pikir kesederhanaan memberikan sudut pandang baru yang mungkin saja belum terpikirkan sebelumnya. Pandangan kita akan kehidupan juga akan berubah menjadi lebih simpel.

Apakah kamu sudah menerapkan pola hidup sehat? Atau kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu kanker? Waduh. Cari tahu apa saja tanda-tanda kanker dan cara mencegahnya.

Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai Indonesia merupakan pilihan tepat untuk melengkapi asuransi kesehatan utama atau BPJS kamu. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis Roojai, kamu mendapatkan proteksi dari beban keuangan akibat mahalnya biaya perawatan rumah sakit. Selain itu, asuransi ini juga sebagai pengganti biaya yang hilang untuk kamu dan keluarga disebabkan dalam perawatan penyakit kritis. Luangkan waktu kamu untuk mempelajari informasi penawaran selengkapnya agar dapat memperoleh ketenangan paripurna dalam menjalankan kebiasaan sehari-hari serta melindungi diri dan keluarga. 

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!