Menu

harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil

Dalam proses membeli mobil, kamu pasti menjadikan tipe mobil sebagai salah satu aspek pertimbangan. Tipe mobil nggak hanya soal ukuran dan kegunaan, tetapi juga gaya (style) yang mencerminkan persona pemiliknya. Untuk proteksi mobil kesayangan, tentunya kamu perlu asuransi mobil. Di artikel ini, kamu akan mengetahui harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil.  

Harga premi asuransi kendaraan bermotor sebenarnya sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biaya asuransi mobil dihitung dengan melibatkan beberapa variabel, yaitu: harga kendaraan di pasaran, wilayah kendaraan itu terdaftar, dan jenis asuransinya.  

Jadi, berdasarkan tipe mobil, berapakah harga premi asuransi mobil? Yuk, lanjut baca artikel ini biar pengetahuanmu bertambah.

Tipe mobil populer di Indonesia

Melansir Pricebook, 5 (lima) tipe mobil di bawah ini cukup laris di tanah air sehingga terus diproduksi. Minat calon konsumen Indonesia terhadap tipe-tipe mobil ini terbukti tidak surut. Berikut daftarnya: 

Mobil MPV

Tipe mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan kendaraan paling populer di Indonesia. Kapasitas penumpang yang besar tapi irit bahan bakar menjadi alasan mengapa kendaraan ini memiliki banyak peminat. Mobil MPV biasanya dapat menampung hingga delapan orang penumpang dalam ruang kabin. Desainnya memang disesuaikan dengan keadaan jalanan di Indonesia sehingga nyaman dikendarai.  

Merek mobil MPV Toyota Avanza menjadi mobil dengan penjualan tertinggi dan paling berhasil di kelasnya hingga saat ini. Merek mobil lainnya dengan kualitas dan harga cukup bersaing dalam kelas ini adalah Isuzu Panther, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, KIA Carens, Nissan Grand Livina, Hyundai Trajet, dan Mitsubishi Expander. 

City car

Tipe mobil city car dikenal dengan desain sangat compact dan berkapasitas maksimal lima orang penumpang. Biasanya mobil city car menggunakan desain hatchback agar dimensi mobil tidak terlalu besar sehingga mudah untuk bermanuver di dalam kota yang berpenduduk padat. 

Alasan mobil ini menjadi favorit adalah harganya cukup terjangkau. Memang tipe mobil city car agak tanggung jika dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Tapi sesuai namanya, mobil ini cocok untuk kamu yang butuh kemudahan mobilitas di area perkotaan.  

Contoh city car paling populer dan laris di Indonesia adalah Honda Jazz. Pesaing dari merek lain adalah Toyota Yaris, Suzuki Swift, dan KIA Rio. 

Mobil sedan 

Mobil sedan juga tipe mobil yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Kendaraan ini biasanya punya desain cukup mewah dan elegan untuk digunakan sehari-hari. Angka penjualan mobil sedan memang tidak setinggi dulu semenjak kemunculan city car dan MVP di Indonesia. Namun, jika berbicara kenyamanan berkendara, mobil sedan merupakan mobil yang paling nyaman. 

Mobil sedan sendiri dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu small sedan, mid-size sedan dan big sedan. Small sedan adalah entry level dari jenis kendaraan ini dengan fitur kenyamanan paling rendah dibandingkan dengan dua kelas lainnya. Karena fitur kenyamanan dan fasilitas tipe mid-size dan big sedan lebih baik, pastinya harga yang ditawarkan pun lebih mahal serta menyasar pasar premium. 

Contoh small sedan yang cukup populer di Indonesia antara lain Honda Civic, Toyota Corolla, Hyundai Accent, dan Suzuki Baleno. Sedangkan jenis mid-size dan big sedan yang menguasai pasar mobil mewah di Indonesia biasanya berasal dari Eropa, seperti BMW E49, Mercedes C Class atau Audi A4. 

Mobil SUV 

Tipe mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dirancang untuk menjelajah berbagai macam medan. Dari segi desain, mobil SUV mengusung konsep crossover sehingga meningkatkan kesan sporty pada kendaraan ini. Dari segi dimensi, mobil SUV memang tidak jauh berbeda dari mobil MPV, tetapi dalam masalah kapasitas SUV hanya menampung lima orang penumpang dalam kabin. 

Dari segi keamanan, mobil SUV lebih lengkap dan juga lebih kuat dibandingkan dengan mobil MPV dan city car. Mobil SUV memiliki bagian suspensi yang dianggap terlalu keras, tetapi wajar saja karena mobil ini diperuntukkan untuk berkendara di jalanan luar kota. Merek mobil SUV yang cukup populer di Indonesia, antara lain Honda CR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki Vitara, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero.  

Mobil double cabin 

Tipe mobil double cabin ini bentuknya memang cukup besar, tetapi sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh atau jalan belum beraspal. Namun, penggunaan mobil ini membutuhkan izin KIR dan pajak yang disetarakan dengan kendaraan jenis bus ukuran kecil. 

Contoh mobil double cabin yang banyak digunakan di Indonesia, antara lain Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max, Toyota Hilux,  dan juga Ford Ranger. 

Itulah lima tipe mobil yang cukup populer di Indonesia yang kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Semakin populer kendaraan tersebut, harganya akan bertahan cukup lama di pasaran. Sementara harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil sangat dipengaruhi oleh harga mobil tersebut di pasaran.

harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil
Image by jcomp on Freepik

Tarif premi asuransi mobil

Harga premi asuransi mobil sudah diatur dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SE OJK) No. 6/SEOJK.05/2017 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor.  

Besaran harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil sangat terkait dengan berapa harga kendaraan tersebut. Setelah itu, tarif premi atau kontribusi asuransi mobil tergantung juga oleh lokasi nomor kendaraan bermotor diterbitkan, yaitu dengan pembagian sebagai berikut:  

  • WILAYAH 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya 
  • WILAYAH 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten  
  • WILAYAH 3 : Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2 

Besar persentase perhitungan premi diregulasi ke dalam batas bawah dan batas atas. Dengan demikian, OJK sudah menentukan minimal premi dan maksimal premi. Selain itu, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

Untuk mengetahui selengkapnya tabel persentase harga asuransi mobil, kamu dapat membaca Biaya Asuransi Mobil All Risk dan TLO.

Simulasi premi sesuai tipe mobil

Selanjutnya, kamu akan mengetahui berapa harga premi asuransi mobil jika melihat tipe mobil. Harga pasaran masing-masing tipe mobil dilansir dari Pricebook. Sedangkan persentase diperoleh dari tabel OJK

Dalam contoh simulasi perhitungan premi di bawah ini, anggap saja wilayah penerbitan nomor kendaraan mobil adalah Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten). Sedangkan untuk batas premi yang dipakai adalah batas bawah atau premi minimal.  

Mobil MVP

Contoh: Toyota New Avanza dengan harga pasaran sekitar Rp230 juta.  

Simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 2,08% 

Premi = 2,08% x Rp230.000.000,- = Rp4.784.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,38% 

Premi = 0,38% x Rp230.000.000,- = Rp874.000,-/tahun 

City car

Contoh: New Honda Jazz dengan harga pasaran Rp252 jutaan.  

Simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 2,08% 

Premi = 2,08% x Rp252.000.000,- = Rp5.241.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,38% 

Premi = 0,38% x Rp252.000.000,- = Rp957.600,-/tahun 

Mobil Sedan

Contoh: All New Corolla Altis dengan harga pasaran sekitar Rp486 jutaan. 

Simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 1,20% 

Premi = 1,20% x Rp486.000.000,- = Rp5.832.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,25% 

Premi = 0,25% x Rp486.000.000,- = Rp1.215.000,-/tahun 

Mobil SUV

Contoh: All New Fortuner dengan harga pasaran sekitar Rp541 jutaan. 

Simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 1,20% 

Premi = 1,20% x Rp541.000.000,- = Rp6.492.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,25% 

Premi = 0,25% x Rp541.000.000,- = Rp1.352.500,-/tahun 

Mobil double cabin

Contoh: Mitsubishi New Triton dengan harga pasaran Rp402 jutaan. 

Simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 1,20% 

Premi = 1,20% x Rp402.000.000,- = Rp4.824.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,25% 

Premi = 0,25% x Rp402.000.000,- = Rp1.005.000,-/tahun 

Simulasi harga premi asuransi mobil di atas dihitung untuk pertanggungan selama satu tahun. Jangan lupa, biaya ini ditambah dengan biaya administrasi, biaya akuisisi, biaya materai, dan lain-lain.  

Kamu juga bisa menambah proteksi dengan perluasan manfaat/jaminan, seperti banjir, gempa bumi, huru-hara, pertanggungjawaban hukum pihak ketiga, dan kecelakaan diri.

Klaim asuransi mobil mudah, kok. Hanya saja kamu perlu perhatikan hal-hal yang bisa membuat klaim asuransi mobil ditolak.

Nah, kamu sudah tahu harga premi asuransi mobil berdasarkan tipe mobil. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!