Asuransi Online, Apa Saja Kelebihannya?

Agustus 16, 2022  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Asuransi Online, Apa Saja Kelebihannya?

Penyedia asuransi sudah semakin dekat dengan jarimu. Kamu tinggal membuka perangkat yang terhubung ke internet, lalu langsung meluncur melihat berbagai macam produk asuransi apa saja yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu pasti tahu bahwa di zaman sekarang, beragam produk dan jasa bisa dibeli lewat online. Masa-masa ketika gaji bulanan masuk ke rekening, berbagai iklan belanja online berseliweran dan bikin kamu ingin check out semua isi keranjang belanja di aplikasi marketplace. Ups, jangan sampai kelebihan belanja, ya. Tetap pastikan kamu mengelola keuangan dengan bijak.  

Nah, ada satu lagi yang bisa kamu beli secara online dan ini penting banget untuk hidupmu. Asuransi online! Tahukah kamu bahwa di era digital ini, asuransi tidak selalu identik dengan transaksi melalui direct agent? Penyedia asuransi sudah semakin dekat dengan jarimu. Kamu tinggal membuka perangkat yang terhubung ke internet, lalu langsung meluncur melihat berbagai macam produk asuransi apa saja yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi, dibandingkan dengan pembelian asuransi secara tradisional, apa saja kelebihan membeli asuransi online? Yuk, kita simak satu per satu kelebihannya:

Pembelian tanpa paksaan 

Mungkin kamu atau orang terdekatmu pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika berinteraksi dengan agen asuransi. Tidak jarang, ada agen asuransi yang terkesan memaksa kamu membeli suatu produk asuransi tertentu padahal kamu belum membutuhkannya. Dengan asuransi online, kamu tidak perlu bertemu agen semacam itu. Semua keputusan ada di tanganmu. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di situs penyedia asuransi sehingga kamu bisa mempelajari setiap informasi secara detail.  

Premi lebih murah 

Perkembangan teknologi digital membuat banyak biaya bisa dihapuskan, seperti komisi untuk agen asuransi. Hal ini membuat premi asuransi online jadi lebih murah daripada asuransi biasa. Namun, jangan khawatir, manfaat yang kamu dapatkan tidak kalah hebat meskipun harganya lebih murah. Kamu bisa mengatur premi bulanan asuransi online sesuai dengan pemasukan dan pengelolaan keuangan kamu.

Baik membeli secara online maupun offline, berikut Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak pilihan manfaat asuransi 

Kamu bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi secara online, begitu juga dengan pilihan produk dan manfaat asuransi yang tersedia. Apalagi jika kamu tidak hanya membeli asuransi untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga tercinta. Mungkin kamu juga membutuhkan lebih dari satu jenis proteksi. Dengan asuransi online, kamu bisa membuat kombinasi produk atau manfaat asuransi online sesuai dengan kebutuhanmu. Pada akhirnya, kamu diuntungkan karena mendapatkan manfaat proteksi asuransi paling optimal. 

Pembelian yang praktis dan mudah 

Cukup dengan membuka laptop atau smartphone, lalu terhubung ke internet, kamu sudah bisa membeli asuransi online. Praktis sekali. Tidak perlu menunggu jam kerja untuk melakukan pembelian. Kamu bisa membeli asuransi kapan pun, bahkan di malam hari. Kamu juga tidak perlu mengisi formulir di atas kertas ataupun melakukan MCU (medical checkup), cukup mengisi beberapa pertanyaan di platform. Mudah sekali, ya.  

Proses beli dan klaim lebih cepat 

Seperti proses belanja fashion di marketplace, proses pembelian asuransi online juga cepat. Setelah memiliki asuransi online pun, proses klaim juga cepat. Semua dilakukan secara online. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan dokumen kertas ketika mengajukan klaim. Semua komunikasi antara kamu dan perusahaan asuransi juga dilakukan secara online. Jangan khawatir klaimmu tidak diproses. Kamu bisa mengecek perkembangan klaim secara online dan real time.

Lebih jauh terkait prosedur klaim, ada istilah cashless dan reimburse. Bingung? Pelajari disini soal perbedaan Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimburse.

Pembelian lebih aman 

Data-data kamu tidak perlu diserahkan ke perantara seperti agen karena kamu mengisi sendiri secara online. Artinya, proses pembelian asuransi online lebih aman. Namun, kamu perlu memastikan bahwa penyedia asuransi online yang akan kamu beli sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mengecek situs ojk.go.id untuk memastikan apakah penyedia asuransi tersebut sudah diawasi oleh OJK. Dengan diawasi OJK, berarti penyedia asuransi online tersebut dapat dipercaya.  

Tersedia layanan call center 

Meskipun tidak ada agen asuransi yang menjadi perantara kamu dengan perusahaan asuransi, penyedia asuransi online menyediakan layanan call center. Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center agar kamu dibantu dalam memilih produk asuransi yang cocok. Bantuan call center juga bisa diandalkan dalam proses klaim asuransimu.

call center handal

Itulah tujuh hal yang menjadi kelebihan asuransi online. Kamu sudah bisa mencoba sendiri dan membuktikannya sekarang juga. Asuransi online memang sebuah kemajuan dan inovasi dalam industri asuransi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan proteksi sesuai kebutuhan, seperti asuransi kesehatan penyakit kritis, kanker, penyakit jantung, ataupun hospital cash plan. Pilihan langsung berada di tanganmu.

Jadikan asuransi kesehatan sebagai salah satu proteksi dalam pengelolaan keuanganmu. Jika memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar dan memberatkan ketika ditimpa sakit. Keuanganmu pun tetap stabil sehingga kamu bisa mencapai tujuan finansial yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Apalagi sekarang sudah tersedia asuransi kesehatan yang dapat dibeli secara online. Prosesnya begitu mudah dan cepat. Buktikan sendiri dengan salah satu produk asuransi kesehatan online Hospital Cash Plan yang menyediakan benefit apabila kamu harus menjalani perawatan di rumah sakit.