Menu

asuransi online | roojai.co.id

Kamu pasti tahu bahwa di zaman sekarang, beragam produk dan jasa bisa dibeli lewat online. Masa-masa ketika gaji bulanan masuk ke rekening, berbagai iklan belanja online berseliweran dan bikin kamu ingin check out semua isi keranjang belanja di aplikasi marketplace. Ups, jangan sampai kelebihan belanja, ya. Tetap pastikan kamu mengelola keuangan dengan bijak.  Nah, ada satu lagi yang bisa kamu beli secara online dan ini penting banget untuk hidupmu. Asuransi online!

Apa itu Asuransi Online?

Tahukah kamu bahwa di era digital ini, asuransi tidak selalu identik dengan transaksi melalui direct agent? Sekarang kamu bisa membeli asuransi hanya melalui ponselmu. Simak lebih lanjut tentang pengertian, kelebihan dan manfaat dari asuransi online.

Asuransi online merupakan asuransi yang dapat diakses dan dikelola melalui aplikasi online. Jenis asuransi ini bervariasi, mulai dari asuransi mobil, asuransi penyakit kritis, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Dengan asuransi online, ini memungkinkan nasabah untuk membeli polis, mengajukan klaim, dan mengelola berbagai keperluan polis asuransi lainnya secara digital, tanpa harus mengunjungi kantor perusahaan asuransi.

Apa perbedaan Asuransi Online dan Asuransi Konvensional?

Perbedaan antara asuransi digital dan asuransi konvensional terletak pada prosesnya. Dalam asuransi konvensional, nasabah perlu berinteraksi secara langsung dengan agen atau perwakilan perusahaan asuransi untuk melakukan pembelian, klaim, atau pembaruan polis. Sebaliknya, dalam asuransi digital, nasabah dapat mengakses informasi polis dan membandingkan produk melalui aplikasi yang tersedia. Mereka juga dapat membeli polis tanpa perlu bertemu langsung dengan agen, karena semua informasi tersedia secara online.

Lebih lanjut, proses klaim dalam asuransi online cenderung lebih efisien. Ini dikarenakan aplikasi asuransi online dilengkapi dengan teknologi integrasi, memungkinkan pemegang polis untuk mengajukan klaim melalui platform tersebut. Berbeda dengan asuransi konvensional, di mana pemegang polis harus mengumpulkan dokumen fisik dan berkomunikasi dengan agen atau perwakilan perusahaan asuransi untuk mengajukan klaim, yang memakan lebih banyak waktu.

Jadi, dibandingkan dengan pembelian asuransi secara konvensional, apa saja kelebihan membeli asuransi online? Yuk, kita simak satu per satu kelebihannya:

Apa saja kelebihan asuransi online?

Berikut beberapa kelebihan asuransi online yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Pembelian tanpa paksaan

Mungkin kamu atau orang terdekatmu pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika berinteraksi dengan agen asuransi. Tidak jarang, ada agen asuransi yang terkesan memaksa kamu membeli suatu produk asuransi tertentu padahal kamu belum membutuhkannya. Dengan asuransi online, kamu tidak perlu bertemu agen semacam itu. Semua keputusan ada di tanganmu. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di situs penyedia asuransi sehingga kamu bisa mempelajari setiap informasi secara detail.  

2. Premi lebih murah

Perkembangan teknologi digital membuat banyak biaya bisa dihapuskan, seperti komisi untuk agen asuransi. Hal ini membuat premi asuransi online jadi lebih murah daripada asuransi biasa. Namun, jangan khawatir, manfaat yang kamu dapatkan tidak kalah hebat meskipun harganya lebih murah. Kamu bisa mengatur premi bulanan asuransi online sesuai dengan pemasukan dan pengelolaan keuangan kamu.  

Baik membeli secara online maupun offline, berikut Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Banyak pilihan manfaat asuransi

Kamu bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi secara online, begitu juga dengan pilihan produk dan manfaat asuransi yang tersedia. Apalagi jika kamu tidak hanya membeli asuransi untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga tercinta. Mungkin kamu juga membutuhkan lebih dari satu jenis proteksi. Dengan asuransi online, kamu bisa membuat kombinasi produk atau manfaat asuransi online sesuai dengan kebutuhanmu. Pada akhirnya, kamu diuntungkan karena mendapatkan manfaat proteksi asuransi paling optimal.

4. Pembelian yang praktis dan mudah

Cukup dengan membuka laptop atau smartphone, lalu terhubung ke internet, kamu sudah bisa membeli asuransi online. Praktis sekali. Tidak perlu menunggu jam kerja untuk melakukan pembelian. Kamu bisa membeli asuransi kapan pun, bahkan di malam hari. Kamu juga tidak perlu mengisi formulir di atas kertas ataupun melakukan MCU (medical checkup), cukup mengisi beberapa pertanyaan di platform. Mudah sekali, ya.  

5. Proses beli dan klaim lebih cepat

Seperti proses belanja fashion di marketplace, proses pembelian asuransi online juga cepat. Setelah memiliki asuransi online pun, proses klaim juga cepat. Semua dilakukan secara online. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan dokumen kertas ketika mengajukan klaim. Semua komunikasi antara kamu dan perusahaan asuransi juga dilakukan secara online. Jangan khawatir klaimmu tidak diproses. Kamu bisa mengecek perkembangan klaim secara online dan real time.

Lebih jauh terkait prosedur klaim, ada istilah cashless dan reimburse. Bingung? Pelajari disini soal perbedaan Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimburse.

6. Pembelian lebih aman

Data-data kamu tidak perlu diserahkan ke perantara seperti agen karena kamu mengisi sendiri secara online. Artinya, proses pembelian asuransi online lebih aman. Namun, kamu perlu memastikan bahwa penyedia asuransi online yang akan kamu beli sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mengecek situs ojk.go.id untuk memastikan apakah penyedia asuransi tersebut sudah diawasi oleh OJK. Dengan diawasi OJK, berarti penyedia asuransi online tersebut dapat dipercaya.  

7. Tersedia layanan call center

Meskipun tidak ada agen asuransi yang menjadi perantara kamu dengan perusahaan asuransi, penyedia asuransi online menyediakan layanan call center. Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center agar kamu dibantu dalam memilih produk asuransi yang cocok. Bantuan call center juga bisa diandalkan dalam proses klaim asuransimu.

call center handal

Itulah tujuh hal yang menjadi kelebihan asuransi online. Kamu sudah bisa mencoba sendiri dan membuktikannya sekarang juga. Asuransi online memang sebuah kemajuan dan inovasi dalam industri asuransi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan proteksi sesuai kebutuhan, seperti asuransi kesehatan penyakit kritis, kanker, penyakit jantung, ataupun hospital cash plan. Pilihan langsung berada di tanganmu.

Jadikan asuransi kesehatan sebagai salah satu proteksi dalam pengelolaan keuanganmu. Jika memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar dan memberatkan ketika ditimpa sakit. Keuanganmu pun tetap stabil sehingga kamu bisa mencapai tujuan finansial yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Apalagi sekarang sudah tersedia asuransi kesehatan yang dapat dibeli secara online. Prosesnya begitu mudah dan cepat. Buktikan sendiri dengan salah satu produk asuransi kesehatan online Hospital Cash Plan yang menyediakan benefit apabila kamu harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!