Menu

Asuransi Mobil dengan premi murah

Premi asuransi merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum membeli produk asuransi. Tentu saja, biaya asuransi yang dibayarkan bulanan atau tahunan ini mestilah pas dengan budget yang kamu punya. Wajar saja, jika sekarang kamu ingin mengetahui asuransi mobil dengan premi murah.  

Besaran nominal premi asuransi kendaraan bermotor sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biaya ini dihitung dengan melibatkan beberapa variabel, yaitu: harga kendaraan di pasaran, wilayah kendaraan itu terdaftar, dan jenis asuransinya. Pada dasarnya, asuransi mobil terbagi atas dua jenis utama, yaitu all risk dan total loss only (TLO).  

Jadi adakah biaya asuransi kendaraan mobil yang murah? Jawabannya tentu saja ada. Yuk, lanjut baca artikel ini biar pengetahuanmu bertambah.

Dua jenis asuransi mobil

Mengutip Insurance Information Institute, asuransi mobil adalah kontrak perjanjian antara kamu (Pemegang Polis/Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung) yang memberikan proteksi dari kerugian finansial yang dapat terjadi atas risiko kecelakaan atau kehilangan kendaraan kamu. 

Untuk mendapatkan proteksi sebagai Tertanggung, kamu perlu membayar biaya asuransi berupa premi. Sebagai timbal balik, perusahaan asuransi bersedia untuk membayar kerugian finansial jika risiko terjadi sesuai dengan isi polis yang kamu miliki. 

Berdasarkan manfaat pertanggungannya, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

Asuransi all risk

Asuransi all-risk yang dikenal juga dengan nama asuransi comprehensive, adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, asuransi ini mengcover semua risiko (all risk). 

Asuransi TLO

Sedangkan jenis asuransi mobil TLO adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss) dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil.

Ingin lebih paham soal asuransi all risk alias komprehensif? Yuk, pelajari apa itu asuransi mobil all risk.

Perbedaan all risk dan TLO

Kamu mungkin masih bertanya, antara asuransi mobil all risk dan TLO, mana asuransi mobil dengan premi murah. Sebaiknya, ketahui dahulu perbedaan antara dua jenis asuransi mobil yang ada.  

Biaya premi asuransi mobil all-risk lebih mahal dari pada TLO. Namun, lingkup proteksi yang diberikan juga lebih banyak. Dengan memiliki asuransi all-risk, segala risiko kerusakan, baik kecil maupun besar, ataupun kurang dari 75% total nilai kendaraan, tetap dapat diklaim kepada perusahaan asuransi.  

Asuransi mobil all-risk juga menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan untuk kerusakan sebagian. Artinya, kamu tidak perlu khawatir jika ingin melakukan perbaikan atas kerusakan kecil, seperti mobil baret ketika masuk gang atau penyok karena menabrak trotoar. Kamu hanya perlu membayar biaya own risk (OR) sedangkan selebihnya akan dibayar oleh perusahaan asuransi sesuai dengan isi polis yang kamu miliki.  

Sedangkan asuransi TLO merupakan asuransi mobil dengan premi murah dibandingkan asuransi all-risk. Asuransi TLO memberikan jaminan pertanggungan untuk kehilangan atau kerusakan minimal 75% dari nilai kendaraan. Jika kerusakan mobil kamu sekadar lecet akibat diserempet pengguna jalan lainnya atau spion patah tanpa sengaja saat berusaha masuk gang sempit, maka kerusakan-kerusakan kecil seperti itu tidak ditanggung asuransi TLO karena kurang dari 75% kerugian total.

Asuransi Mobil dengan premi murah
Image by jcomp on Freepik

Menghitung biaya asuransi mobil TLO

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 6/SEOJK.05/2017 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor sudah mengatur berapa besar biaya asuransi mobil.  

Besaran biaya asuransi mobil utamanya dipengaruhi oleh berapa harga kendaraan tersebut. Setelah itu, tarif premi atau kontribusi asuransi TLO tergantung juga oleh lokasi nomor kendaraan bermotor diterbitkan, yaitu dengan pembagian sebagai berikut:  

  • WILAYAH 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya 
  • WILAYAH 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten  
  • WILAYAH 3 : Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2 

Besar persentase perhitungan premi diregulasi ke dalam batas bawah dan batas atas. Dengan demikian, OJK sudah menentukan minimal premi dan maksimal premi. Tabel berikut memberikan informasi persentase pembayaran premi asuransi TLO untuk masa pertanggungan 12 bulan (1 tahun).

KategoriHarga KendaraanWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kategori 10 s.d.Rp 125 juta0,47%-0,56%0,65%-0,78%0,51%-0,56%
Kategori 2>Rp 125 juta –Rp 200 juta0,63%-0,69%0,44%-0,53%0,44%-0,48%
Kategori 3>Rp 200 juta –Rp 400 juta0,41%-0,46%0,38%-0,42%0,29%-0,35%
Kategori 4>Rp 400 juta– Rp 800 juta0,25%-0,30%0,25%-0,30%0,23%-0,27%
Kategori 5> Rp 800 juta0,20%-0,24%0,20%-0,24%0,20%-0,24%

Contoh soal perhitungan:  

Ibu Vanny berdomisili di daerah DKI Jakarta. Dia membeli mobil secara kredit dengan harga mobil Rp500.000.000. Berapakah biaya premi asuransi mobil TLO yang harus Ibu Vanny bayar? 

Jawaban: 

Dengan harga mobil mencapai 500 juta rupiah, berarti perhitungan premi masuk ke Kategori 4. DKI Jakarta masuk ke Wilayah 2. Kita melihat ke tabel di atas, batas atas dan batas bawah preminya adalah 0,25% – 0,30%. Anggap saja, berdasarkan keputusan underwriter, persentase yang digunakan adalah batas bawah.  

Maka: 0,25% x Rp500.000.000 = Rp1.250.000  

Kesimpulannya, Ibu Vanny membayar premi ke perusahaan asuransi sebesar 1,25 juta rupiah untuk pertanggungan selama satu tahun. Jangan lupa, biaya ini ditambah dengan biaya administrasi, biaya akuisisi, biaya materai, dan lain-lain.  

Bandingkan dengan premi asuransi all risk untuk mobil yang sama, yaitu Rp7.280.000. Jadi, dibandingkan all risk, asuransi TLO merupakan asuransi mobil dengan premi murah.

Kenapa asuransi mobil satu ini dinamakan TLO? Yuk, lebih pahami apa itu asuransi mobil TLO.

Nah, kamu sudah tahu jenis asuransi mobil dengan premi murah dan cara menghitungnya. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!