Menu

asuransi mobil baru | roojai.co.id

Jika kamu baru saja membeli mobil baru, baik secara tunai maupun kredit, penting sekali memberikan asuransi mobil baru untuk mobilmu. Asuransi mobil baru memberikan proteksi dari risiko tak terduga yang dapat terjadi, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam, dan lain sebagainya.

Asuransi mobil juga bermanfaat sebagai pengganti rugi jika kendaraan kamu mengalami kerusakan ringan seperti baret, penyok, hingga rusak parah atau total sekalipun, tentunya sesuai isi polis yang kamu miliki. Kabar baiknya, saat ini proses memilih asuransi mobil baru semakin mudah.

Kamu bisa mengecek dan membandingkan beragam produk asuransi mobil secara online. Salah satu kelebihan asuransi mobil online adalah kamu dapat mengumpulkan sendiri semua informasi yang kamu butuhkan. Dengan begitu kamu dapat memutuskan membeli tanpa paksaan dari agen atau siapa pun.

Jadi, bagaimana cara memilih asuransi mobil baru? Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Pahami dua jenis asuransi mobil

Menurut Investopedia, asuransi mobil secara umum adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan.  

Berdasarkan manfaat pertanggungannya, jenis asuransi mobil umumnya terbagi menjadi dua, yaitu: 

Asuransi all risk

Asuransi Mobil All Risk (nama lainnya asuransi mobil comprehensive) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. 

Asuransi TLO

Asuransi mobil TLO (total loss only) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss) dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil. Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. 

Asuransi all risk biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 10 tahun. Kondisi mobil pada usia tersebut tergolong masih baru dan mulus sehingga butuh perlindungan secara menyeluruh (comprehensive). Sedangkan asuransi TLO biasanya cocok untuk mobil berusia sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas.

Pahami biaya premi asuransi mobil

Dalam memilih asuransi mobil baru, berapa biaya asuransi mobil alias premi tentu menjadi pertimbangan. Biaya asuransi mobil sudah ditetapkan oleh peraturan OJK. Jika dibandingkan angkanya saja, premi asuransi TLO memang lebih murah daripada asuransi all-risk

Meskipun biaya premi asuransi mobil all-risk lebih besar daripada TLO, kamu perlu memperhatikan lingkup proteksi yang diberikan. Dengan memiliki asuransi all-risk, segala risiko kerusakan, baik kecil maupun besar, ataupun kurang dari 75% total nilai kendaraan, tetap dapat diklaim kepada perusahaan asuransi. Sedangkan asuransi TLO memberikan jaminan pertanggungan untuk kehilangan atau kerusakan minimal 75% dari nilai kendaraan.  

Selain dana untuk cicilan atau leasing mobil, pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Pilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan kantongmu. Premi asuransi mobil dipengaruhi oleh nilai pertanggungan dan wilayah tempat kamu membeli mobil.  

Apakah biaya premi asuransi mobil itu mahal atau murah? Pelajari di sini berapa harga asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Pahami perluasan jaminan asuransi mobil

Selain dua jenis asuransi mobil di atas, ada juga asuransi tambahan atau rider. Kamu juga perlu mempertimbangkan asuransi tambahan sebagai perluasan jaminan pertanggungan. Dengan demikian, asuransi mobil baru kamu semakin kuat. Kamu hanya perlu menambah membayar premi untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.  

Beberapa pilihan perluasan jaminan asuransi mobil, yaitu:  

  • banjir dan angin topan 
  • gempa bumi dan tsunami 
  • huru-hara dan kerusuhan 
  • terorisme dan sabotase 
  • tanggung jawab hukum pihak ketiga 
  • kecelakaan diri 

Misalnya, komplek perumahan atau kantor kamu berada di kawasan rawan banjir. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah manfaat asuransi yang mengcover kerusakan akibat banjir.  

Jika kamu merasa diri sebagai tipe pengemudi ceroboh dan khawatir mengalami kecelakaan yang melibatkan pengendara lain, mungkin kamu bisa menambah manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga.

 asuransi mobil online
Image by rawpixel.com on Freepik

Pahami asuransi mobil online

Asuransi mobil online adalah pilihan produk beragam dengan premi sangat bersaing. Kamu dapat membandingkan sendiri mau produk asuransi mobil yang mana dengan premi sesuai kemampuanmu finansialmu. Kamu juga dapat mengecek testimoni yang diberikan nasabah perusahaan asuransi melalui internet. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.  

Proses pembelian asuransi mobil secara online dapat dilakukan di platform insurtech. Selain pembelian yang cepat dan mudah, proses klaim juga cepat dan mudah. Semua dilakukan secara online. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan dokumen kertas ketika mengajukan klaim. Semua komunikasi antara kamu dan perusahaan asuransi juga dilakukan secara online. Jangan khawatir klaimmu tidak diproses. Kamu bisa mengecek perkembangan klaim secara online dan real time

Sebagai insurtech, Roojai memungkinkan kamu dapat mengajukan klaim dengan cepat dan mudah. Kamu cukup mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui email. Kami akan memproses klaim setelah menerima semua dokumen secara lengkap, lalu mengirimkan jumlah klaim yang disetujui ke rekening kamu.  

Pahami syarat mendaftar

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki perbedaan tentang syarat mendaftar asuransi mobil baru, tergantung ketentuan perusahaan tersebut. Namun, pada umumnya, syarat-syarat mendaftar asuransi mobil adalah: 

  • Usia kendaraan:  
  • maksimal 10 tahun untuk asuransi all risk  
  • maksimal 15 tahun untuk asuransi TLO 
  • Nilai mobil ditentukan oleh kebijakan perusahaan asuransi serta disesuaikan dengan harga pasar. 
  • Manfaat/pertanggungan mengacu PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia).  

Kesimpulannya, baik jenis all risk maupun TLO, bisa dipilih untuk proteksi untuk mobil baru. Kamu tidak harus memiliki keduanya sekaligus pada waktu yang bersamaan. Mengkombinasikan kedua jenis asuransi dengan jangka waktu polis yang berbeda akan membuat premi asuransi tidak membebani budget kamu.  

Contoh: saat mobil masih baru, kamu memilih asuransi mobil all risk, sedangkan ketika mobil sudah memasuki usia lima tahun atau lebih, kamu menggunakan asuransi TLO. Pertimbangan ini sesuai dengan kebutuhan mobil baru yang butuh proteksi dari kerusakan ringan, sedangkan kebutuhan mobil tua adalah proteksi dari kerusakan parah atau total.  

Setelah memilih produk asuransi mobil yang cocok untuk kamu, segera lengkapi syarat dokumennya dan ketahui cara mendaftar asuransi mobil.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!