Bersepeda Saat Hujan? Baca Ini Dulu Supaya Gowes Tetap Aman

Juli 27, 2022  |  Kategori: Gaya Hidup & Kesehatan  |  Tags: Asuransi Kecelakaan Diri, Bersepeda, Bersepeda saat hujan, Hobi, Personal Accident Insurance, Tips Bersepeda

tips bersepeda saat hujan

...ketidakpastian adalah satu-satunya hal yang pasti dalam hidup (the only thing certain in life is uncertainty), maka ketidakpastian cuaca adalah sesuatu yang pasti.

Di tengah situasi perubahan iklim global (climate change), bukanlah sesuatu yang mengherankan kalau kita tidak lagi bisa sepenuhnya memastikan apakah hari esok akan hujan atau panas. Seperti sebuah ucapan bijak – bahwa ketidakpastian adalah satu-satunya hal yang pasti dalam hidup (the only thing certain in life is uncertainty), maka ketidakpastian cuaca adalah sesuatu yang pasti. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi kalangan yang memiliki gaya hidup aktif berolahraga, terutama bagi mereka yang rajin berolahraga diluar ruangan, seperti bersepeda.

Waktu terbaik untuk bersepeda bagi beberapa orang bisa berbeda satu dengan lainnya. Ada yang lebih suka melakukannya di pagi hari, ada yang melakukannya di sore/malam hari karena faktor ketersediaan waktu. Namun, cuaca yang tidak ideal baik pagi maupun sore/malam biasanya membuat orang mager untuk gowes.

Sebenarnya, bolehkah bersepeda saat hujan? 

Walaupun kondisi cuaca yang tidak ideal bisa membuat orang kurang bersemangat dalam bersepeda, namun kenyataannya di banyak negara maju, yang memiliki iklim yang bahkan lebih ekstrim (hujan deras dan salju), penggiat olahraga gowes tidak lekas mager ketika mereka mengintip dari jendela dan melihat hujan turun. Namun memang perlu dicatat bahwa memang negara-negara tersebut sudah memiliki infrastruktur bersepeda yang layak, sehingga pesepeda tetap dapat bersepeda denga aman ditengah cuaca yang tidak ideal.

Catatan penulis: Sebelum kamu membaca lebih jauh, perlu diingat bahwa selain merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, olahraga bersepeda merupakan aktivitas yang berisiko. Keamanan dan keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama, dan tidak dapat dikesampingkan terlepas dari berbagai macam persiapan matang.

Bagi kamu yang menggilai gowes dan ngga mudah patah semangat ketika cuaca tidak ideal, simak terus artikel ini untuk mendapatkan tips dan informasi bermanfaat agar kamu bisa tetap bersepeda saat hujan.

waspada bersepeda saat hujan

Tips untuk bersepeda saat cuaca hujan atau saat menujukkan gejala akan hujan

Bagi kamu yang bermental baja, cuaca hujan memang bukan alasan untuk tidak bersepeda. Apalagi buat kamu yang memiliki gol yang sedang dikejar seperti menempuh jarak bersepeda dalam jangka waktu tertentu. Maka selain harus tangguh dan memiliki keberanian hal-hal dibawah ini dapat membantu kamu bersepeda dengan aman. 

  1. Pastikan badan kamu sebisa mungkin tetap kering. 
    Kenakan helm waterproof, atau menggunakan cycling cap dibawah helm mu, sehingga kepala tetap kering. Tidak hanya kepala, tangan dan kaki pun sebaiknya tetap kering agar kamu dapat mengendarai sepeda dengan kontrol yang baik. Apabila memungkinkan, mengenakan overshoes untuk menjaga sepatu dan kaki kamu tetap kering, dan mengenakan sarung tangan anti-air dan antip-slip adalah pilihan terbaik. Jangan lupakan untuk sebisa mungkin mengenakan jaket anti-air yang melindungi tubuhmu. Satu hal yang ngga kalah penting adalah menggunakan kacamata pelindung agar cipratan air kearah wajah tidak akan mengganggu daya pandang kamu. 
  2. Pastikan ban sepeda dalam keadaan baik agar tidak tergelincir. 
    Cek tekanan dan keadaan ban sebelum kamu bersepeda menghadapi hujan. Hindari bersepeda dengan ban yang sudah terkikis dan mulai botak. Sebuah tips berguna dari cyclingweekly.com menyebutkan bahwa saat cuaca hujan, ada baiknya kamu mengurangi sedikit tekanan ban, sehingga dengan tekanan sedikit berkurang akan lebih banyak permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan, mengurangi potensi slip.  
  3. Rawat rantai sepeda dengan baik. 
    Tambahkan pelumas pada rantai, terutama pelumas waterproof agar rantai sepeda terlumasi dengan baik. Baik sebelum maupun sesudah bersepeda ditengah hujan, rantai sepedamu akan membutuhkan pelumasan lebih. Saat selesai bersepeda, ada baiknya menyemprot rantai sepeda dengan degreaser untuk membersihkan kotoran, debu, maupun minyak-minyak yang sudah kotor. Setelah mengelap kering rantai yang diberi degreaser, tambahkan sedikit pelumas. Proses diatas secara umum akan menjaga rantai sepedamu tetap awet dan berfungsi dengan baik.
rawat rantai sepeda saat musim hujan
  1. Pasang fender / mudguard untuk menghindari cipratan air mengenai pakaian. 
    Selain melindungi kamu dan pakaian kamu dari cipratan air dari belakang, fender/mudguard juga akan sangat berfungsi melindungi pesepeda di belakang dari cipratan ban sepedamu. Sementara cipratan air ke bagian belakangmu mungkin dapar menyebabkan kotoran/noda pada pakaian, cipratan ke pesepeda di belakangmu dapat mengganggu konsentrasi dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. 
  2. Nyalakan lampu sepeda. 
    Saat hujan deras dan menyulitkan pandangan. Lampu sepeda sangat penting untuk membantu pengendara lain tetap aware dengan keberadaan kamu. Terlebih apabila jalan yang kamu lalui agak gelap, pencahayaan yang baik dapat membantu kamu menghindari lubang atau genangan air di jalanan. 
  3. Hindari jalan menggenang. 
    Walaupun tidak selalu mudah, usahakan agar kamu tidak bersepeda melintasi jalan yang menggenang. Jalan yang menggenang selain dapat menimbulkan cipratan, namun juga berpotensi menyebabkan risiko lain. Kita tidak dapat tahu dengan pasti apakah jalan menggenang tersebut berlubang, atau terdapat paku didalamnya, sehingga menghindarinya adalah pilihan terbaik. 
  1. Tingkatkan kewaspadaan setiap saat. 
    Bersepeda dalam keadaan hujan mengharuskan kita untuk lebih aware dan lebih waspada. Cara ban sepeda bereaksi pada belokan saat hujan, berbeda dengan pada saat kering. Cara kita mengerem saat hujan pun akan sangat menentukan proses bersepeda yang aman. Jadi saat bersepeda ditengah hujan, fokus kamu sebaiknya pada keamanan bukannya pada kecepatan.

Baik saat hujan maupun cerah, kamu perlu tahu 5 Tips Merencanakan Jalur Bersepeda Supaya Gowesmu Aman dan Nyaman 

Bersepeda saat hujan memang memberikan tantangan lebih bagi pesepeda, dan hal ini justru menjadi pemacu untuk, bukan menghindari, tapi malah melakukannya. Dan bersepeda saat hujan bukanlah sesuatu yang tidak biasa karena banyak hal yang dapat disiapkan dan dilakukan agar kamu tetap dapat melakukannya dengan aman.

Proteksi yang Tetap Melindungi Saat Terjadi Kecelakaan 

Walaupun segala usaha dan persiapan sudah dilakukan untuk memastikan keamanan, kenyataannya, bersepeda saat hujan memang meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Jangankan saat hujan, bersepeda saat cuaca cerah pun memiliki risiko kecelakaan. Sementara kita melakukan berbagai persiapan untuk bersepeda dengan aman dalam segala kondisi, memiliki proteksi yang secara spesifik meng-cover kecelakaan dapat memberikan rasa aman ekstra.

‘Ketika faktor-faktor yang meningkatkan keamanan bersepeda sudah kita terapkan, Asuransi Kecelakaan dari Roojai Indonesia akan memberi kamu rasa aman dalam hal finansial. Dengan coverage yang menanggung biaya perawatan medis, memberikan santunan harian, dan metode pembiayaan cashless, proteksi ini dapat membantumu meringankan beban finansial apabila terjadi kecelakaan saat kamu bersepeda. Pelajari lebih lanjut tentang Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia, untuk melengkapi berbagai persiapanmu sebelum bersepeda – dalam keadaan apapun.