Menu

pola hidup sehat
Image by schalantao on Freepik

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan aspek kesehatan dari berbagai sisi kehidupan. Dalam menerapkan gaya hidup ini, tidak hanya makanan yang menjadi fokusnya, ada pula aspek lain seperti kebiasaan berolahraga hingga mencuci tangan. 

Tentunya mengubah kebiasaan lama yang kurang baik menjadi pola hidup sehat tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Seseorang harus melakukannya setiap hari agar menjadi kebiasaan. Apa saja cara menerapkan pola hidup sehat dan seberapa penting menjalankan pola hidup sehat? Berikut ulasan lengkapnya!

Cara menerapkan pola hidup sehat

Dalam menerapkan pola hidup sehat tidak bisa sembarangan. Hal ini harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kondisi fisik, penyakit yang mungkin dimiliki seperti sakit maag, hingga tingkat aktivitas fisik. 

Untuk itu, berikut cara menerapkan gaya hidup sehat yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi fisik. 

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang 

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang adalah cara mudah yang sulit diterapkan. Kita sering kali tergoda dengan makanan cepat saji hingga gorengan. Untuk itu, mulailah memasak sendiri. 

Sesuaikan masakan buatan kamu dengan kebutuhan karbohidrat, protein, serat, dan mineral tubuh. Jangan lupa kurangi konsumsi gula dan garam agar tubuh menjadi lebih sehat dan mendukung diet seimbang yang tengah dijalani. 

2. Rutin berolahraga

Jika kamu malas bergerak, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membersihkan rumah untuk menerapkan pola hidup sehat. Intinya, tubuh butuh setidaknya gerakan seperti jalan selama 30 menit per hari hingga berkeringat. 

Seiring waktu tingkatkan durasi dan gerakannya seperti lari, aerobik, serta gerakan olahraga lain di atas matras. Dengan begitu, kesehatan otot dan tulang, jantung, hingga peredaran darah akan lancar. 

3. Kelola stres

Stres adalah salah satu penyebab tubuh rentan terserang penyakit. Untuk menerapkan pola hidup sehat, kamu harus belajar mengelolanya. Salah satu cara jitu adalah jangan overthinking. Belajar yoga atau meditasi juga bisa menjadi salah satu cara mengelola stres dengan baik.  

4. Rutin periksa kesehatan 

Salah satu langkah untuk menerapkan pola hidup sehat adalah memeriksakan kesehatan secara rutin. Sebab, terdapat beberapa manfaat dari hal ini yaitu: 

  • Mendeteksi masalah medis saat ini atau yang sudah muncul tapi belum terdeteksi.  
  • Menilai risiko masalah medis di masa depan.  
  • Mendorong kamu untuk mempertahankan gaya hidup sehat. 
  • Mengecek apakah pola hidup sehat yang diterapkan saat ini sudah cukup baik atau belum. 

5. Beristirahat cukup 

Untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat, istirahat yang cukup adalah salah satu caranya. Pastikan kamu tidak lagi begadang, tidur tepat waktu dan cukup. Jika selama ini mengalami kesulitan tidur, cobalah melakukan beberapa cara seperti membaca buku atau mendengar musik agar rileks. 

6. Jangan lewatkan waktu sarapan 

Sarapan sering kali terlewat padahal manfaatnya penting bagi tubuh terutama yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Dengan sarapan, kamu memiliki tenaga untuk beraktivitas. Pastikan melakukan sarapan pada jam 7-9 pagi dengan makanan sehat seperti pisang, alpukat, gandum, roti, atau sandwich.

pola makan sehat
Photo by Ella Olsson from Pexels

7. Menjauhi kebiasaan buruk 

Selain konsumsi minuman manis, alkohol dan rokok adalah bagian dari kebiasaan buruk yang merusak pola hidup sehat. Pastikan kamu menghindari alkohol dan rokok agar memiliki tubuh yang sehat. 

Merokok tembakau menyebabkan penyakit tidak menular, seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Tembakau membunuh tidak hanya perokok langsung, tetapi juga nonperokok melalui paparan asap.Sementara, alkohol menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga gangguan mental seperti ketergantungan. 

8. Menjaga kebersihan rumah 

Menjaga kebersihan rumah merupakan bagian dari pola hidup sehat. Debu-debu di rumah bisa mengganggu kesehatan pernapasan. Untuk itu rutinlah membersihkan rumah. Selain itu, membersihkan rumah bisa membuatmu berolahraga. Pastikan juga rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. 

9. Sering mencuci tangan 

Mencuci tangan adalah bagian dari pola hidup sehat. Tanpa kita sadari, tangan bisa masuk ke hidung dan mulut. Untuk itu seringlah mencuci tangan dengan air dan sabun. Kamu juga bisa memilih handsanitizer yang mengandung alkohol jika sedang berada di luar rumah. 

Seberapa penting menjalankan gaya hidup sehat?

Menerapkan pola hidup sehat tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pola hidup yang tidak sehat seperti makan kurang bergizi hingga kurang aktivitas fisik menjadi pemicu utama berbagai risiko kesehatan dunia. 

Terlebih, kemajuan teknologi pangan membuat produksi makanan olahan yang enak di lidah makin banyak. Hal ini membuat semakin banyak orang mengganti makanan bergizi dengan makanan olahan yang mudah dalam mengonsumsinya. 

Jadi, mulai sekarang terapkanlah pola hidup sehat agar memiliki umur panjang dan fisik yang kuat di kemudian hari. Miliki juga Asuransi Penyakit Kritis, proteksi keuangan dari risiko biaya mahal penyakit kritis agar semakin tenang menjalani hidup sehat. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!