Perlengkapan Sepeda Berikut Ini Penting Banget Untuk Gowes Sehat, Aman, dan Nyaman

Gaya Hidup & Kesehatan |

helm dan perlengkapan bersepeda

Saat pandemi, bersepeda menjadi salah satu hobi dan olahraga yang digemari. Selain cenderung lebih aman karena dapat dilakukan di luar ruang, olahraga ini pun bisa dibilang minim kontak dengan orang lain. Selain itu, mobilitas yang banyak berkurang di saat pandemi membuat bersepeda menjadi semacam ‘pelarian’ yang menyenangkan.  

Pandemi (katanya) hampir usai… tapi bersepeda tidak juga kekurangan penggemar. Akhir pekan adalah saat bagi kelompok-kelompok pesepeda menjajal jalan raya kota. Selain bersifat mengurangi stres, olahraga ini juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Situs Healthline menyebutkan bahwa bersepeda bisa mencegah masalah jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, bersepeda juga bisa membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2. Bahkan, penelitian terbaru memperlihatkan, bersepeda secara teratur dapat menurunkan tingkat mortalitas (angka kematian) pada pengidap diabetes hingga 24% dan, jika dilakukan selama setidaknya 5 tahun, bisa menurunkan tingkat mortalitas sampai 35%.  

Lalu apa yang perlu kamu persiapkan kalau ingin mulai menjalani gaya hidup bersepeda?

Untuk kesehatan jantung, selain bersepeda, simak juga artikel ini untuk Kurangi Risiko Penyakit Jantung dengan Terapkan Kebiasaan Ini di Kehidupan Kamu

Sepeda yang cocok dengan kamu

Tentu saja, kamu harus punya sepeda. Tapi pastikan sepeda yang kamu pilih nanti cocok dengan gaya hidup kamu ya. Misalnya kamu suka jalan-jalan blusukan ke lokasi-lokasi kuliner untuk nyobain makanan enak, maka sepeda lipat, city bike, atau urban bike sepertinya cocok untuk kamu.  

Sepeda lipat memiliki beberapa keunggulan yaitu bisa kamu tenteng saat perlu naik kendaraan umum seperti MRT, kereta atau bus, sehingga memungkinkan area penjelajahan yang lebih luas meski kamu belum cukup kuat untuk berlama-lama gowes. Selain itu, sepeda ini pun nggak makan tempat waktu diparkir.  

Sementara untuk kamu yang suka melihat alam, bisa pilih sepeda gunung atau road bike. Road bike bisa dipakai untuk menjelajahi jalan mulus untuk berjelajah hingga area luar kota yang lebih asri. Sepeda gunung cocok untuk kamu yang suka menjelajah alam dengan jalanan yang belum begitu mulus.

bersepeda di perkotaan

Helm

Salah satu perlengkapan sepeda yang paling esensial adalah helm. Keselamatan adalah yang utama, pastikan kamu sudah melindungi diri sebelum bersepeda.  

Helm yang dijual di pasaran umumnya sudah memenuhi standar keselamatan yang ditentukan. Namun satu hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih helm adalah, pastikan helm tersebut pas di kepala kamu. Helm yang tidak pas di kepala menyebabkan kadar proteksinya berkurang.  

Setelah faktor keamanan sudah dipastikan, carilah helm sepeda yang sesuai dengan gaya bersepeda kamu. Ada tiga tipe dasar helm sepeda: 

  • Helm sepeda rekreasi yang harganya cukup ekonomis dan cukup memberikan perlindungan untuk mereka yang bersepeda di jalur aman seperti komplek olahraga dan komplek perumahan.  
  • Helm road bike, dirancang sangat ringan, memiliki ventilasi yang cukup dan bersifat aerodinamis.  
  • Helm sepeda gunung memiliki banyak ventilasi, memiliki perlindungan bagian belakang kepala yang lebih baik. Pasalnya, pesepeda gunung cenderung lebih berisiko jatuh ke belakang daripada pesepeda jalanan.
helm dan perlengkapan bersepeda

Setelah itu, pertimbangkan adanya fitur-fitur khusus yang menurut kamu perlu, misalnya saja teknologi perlindungan yang lebih maju ataupun desain yang unik. Atau kalau kamu sering bersepeda di malam hari, pastikan helm kamu bisa dilengkapi lampu. Tentu saja, setiap penambahan fitur itu juga akan ada kenaikan harga, ya. Jadi pastikan semua itu ada budgetnya.

Artikel Kesalahan Pesepeda Pemula yang Perlu Kamu Tahu dan Hindari juga mungkin bermanfaat untukmu.

Botol minum

Supaya aman dan nyaman bersepeda, badan juga tetap harus terhidrasi. Jangan lupa, bersepeda bisa cukup menyita energi dan menguras cairan tubuh kamu juga loh. Jadi pastikan kamu mengisi tubuh dengan cairan yang cukup sebelum bersepeda, selama bersepeda, dan setelah bersepeda.  

Pastikan kamu selalu membawa botol berisi air minum saat bersepeda, meskipun hanya bersepeda santai, ya. Sebaiknya pilih botol air dengan desain yang membuat kamu mudah meminum airnya sambil bersepeda. Misalnya memiliki spout atau sedotan.  

Kacamata

Bukan untuk gaya-gayaan, bagi pesepeda, kacamata berperan penting dan bahkan bisa menyelamatkan kamu. Kacamata akan menahan debu masuk ke dalam mata yang bisa membuat mata kamu sakit.  

Bayangkan jika kamu bersepeda di pinggir jalan yang ramai, kamu harus selalu memperhatikan jalanan yang kamu lalui supaya tetap aman. Kalau mata kamu kemasukan debu, sudah pasti pandangan kamu jadi buram dan bahkan ada rasa nggak nyaman karena harus mengucek mata.  

Selain mencegah dari terpaan debu, kacamata ini juga membantu pandangan dari silau matahari dan terpaan angin. Lensa kacamata sepeda juga bisa diganti dengan kondisi mata kamu, supaya bersepeda jadi lebih nyaman.  

Gembok sepeda

Sudah investasi besar di sepeda impian, tentu perlu perlengkapan gowes yang mendukung untuk mengamankan sepeda kamu. Ada berbagai macam gembok sepeda, dari yang ringan untuk kamu pakai saat membawa sepeda ke kedai kopi terdekat, sampai gembok yang kokoh dan berat jika berencana meninggalkan sepeda dalam jangka waktu yang cukup lama seperti waktu pergi ke mal.  

Lampu dan reflektor

Sama pentingnya dengan helm, lampu akan membuat perjalanan sepeda kamu lebih aman khususnya di malam hari. Lampu dan reflektor akan memastikan diri kamu tetap terlihat pengguna jalan yang lain.  

Ada banyak pilihan model lampu yang bisa kamu pilih, misalnya yang dioperasikan dengan baterai ataupun yang bisa diisi ulang. Lampu perlu dipasang di depan sepeda untuk menerangi jalan, dan di belakang sepeda sebagai penanda bagi pengendara di belakang kamu.  

Pompa dan perkakas darurat

Kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan. Walaupun sudah melakukan persiapan dan pemeriksaan kondisi sepeda dengan baik, bukan nggak mungkin ban sepedamu bocor di tengah jalan. Membawa sepeda kembali ke rumah dalam keadaan ban bocor tentu lebih repot. Apalagi kalau hal ini terjadi di daerah yang jauh dari keramaian.  

Bawa payung sebelum hujan. Pepatah ini dalam dunia persepedaan bisa diganti dengan bawa pompa dan pengganti ban dalam sebelum kejadian ban bocor. Pompa ban berukuran kecil dan mudah dibawa kini sudah banyak tersedia. Begitu juga perkakas dan ban dalam cadangan, perlu dibawa untuk jaga-jaga. Selain itu, tentu saja… kamu harus tahu caranya mengganti ban ya.

Perlengkapan pendukung

Selain perlengkapan sepeda yang penting tersebut, ada beberapa perlengkapan yang bisa kamu beli untuk mendukung dan bikin bersepeda jadi lebih nyaman. Apa aja?  

  • Jersey dan celana sepeda. Celana sepeda memiliki bantalan di area bokong yang membuat aksi berkendara sepeda semakin nyaman, terlebih untuk perjalanan jarak jauh. Jersey sepeda terbuat dari bahan ringan yang menyerap keringat dan gampang kering. Jadi walaupun perjalanan jauh, baju tidak cepat basah.  
  • Sepatu sepeda. Biasa disebut pedal clipless, sepatu ini akan membuat kayuhan kamu lebih efisien. Kamu akan perlu waktu untuk membiasakan diri dengan sepatu ini, tapi karena kinerja bersepeda jadi lebih efisien, manfaatnya akan sangat dirasakan untuk jarak bersepeda yang jauh.  
  • Cyclo computer atau sistem komputer sepeda. Alat ini dipasang di stang sepeda dan dapat melacak jarak dan kecepatan sepeda selama berkendara tanpa bikin kamu harus bolak-balik melirik jam tangan atau ponsel. Data yang terekam bisa kamu gunakan untuk memperbaiki performa gowes kamu dari waktu ke waktu. Nggak cuma itu, cyclo computer juga bisa dihubungkan dengan heart sensor yang akan membantu kamu mengontrol tempo jika kerja jantung terlalu berat.  
  • Topi sepeda. Walaupun sudah menggunakan helm, topi sepeda bisa kamu gunakan untuk perlindungan ekstra, terutama dari terpaan sinar matahari, air hujan, dan menjaga helm dari keringat.  
  • Sarung tangan. Supaya nyaman mengendalikan stang sepeda, kamu bisa pakai sarung tangan atau gloves. Biasanya sarung tangan sepeda memiliki lapisan silikon di bagian telapak tangan untuk membantu memperkuat cengkraman pada stang.  
  • Tas sepeda. Tas ini digunakan untuk membawa semua peralatan yang diperlukan, seperti pompa sepeda portabel, ban dalam, makanan, sampai peralatan P3K. Penting kamu pakai terutama kalau melakukan perjalanan jarak jauh.
Perlengkapan sepeda – bicycle compute

Proteksi Asuransi Kecelakaan 

Banyak orang cenderung melupakan hal ini, namun setelah memastikan keamanan sepeda dan diri kamu dengan aksesori yang tepat, pastinya kamu juga perlu melengkapi perlindungan diri kamu dengan asuransi yang tepat. Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai memberikan proteksi menyeluruh dari kecelakaan diri dengan beragam pilihan benefit untuk memenuhi gaya hidup kamu kamu yang aktif. Asuransi ini bisa kamu beli secara online, dengan premi terjangkau. Mau gowes, cek dulu penawaran Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia!

Nah, gimana… sudah siap bersepeda dan bersenang-senang? Pastikan kamu sudah melengkapi sepeda kamu dengan perlengkapan yang tepat untuk keamanan selama gowes ya. Kesehatan dan kenyamanan saat bersepeda memang penting, tapi keamanan adalah hal yang utama, karena bersepeda bukanlah olahraga tanpa risiko.