Menu

makanan vegetarian pengganti daging
Photo by Fuzzy Rescue from Pexels

Protein adalah senyawa yang ada di seluruh bagian tubuhmu: pada otot, tulang, kulit, rambut, pokoknya setiap jaringan dan organ tubuh. Protein membentuk enzim-enzim yang menyokong banyak reaksi-reaksi kimiawi dalam tubuh. Selain itu, protein membentuk hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen dalam pembuluh darah. Paling sedikit ada sepuluh ribu macam protein dalam tubuh kamu.

Pentingnya protein bagi tubuh  

Protein termasuk salah satu zat atau komponen yang sangat penting karena menghasilkan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Sembilan macam asam amino, yaitu histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine dikenal dengan sebutan asam amino esensial, yang semuanya mesti berasal dari makanan.  

Mengutip Mayo Clinic, berdasarkan banyak penelitian, orang yang aktif dianjurkan mengonsumsi 1,2 sampai 2 gram protein per kilogram berat badan. Artinya, orang dengan berat badan 68 kilogram dianjurkan makan 82 – 136 gram protein setiap harinya. Sedangkan bagi orang yang tidak aktif dianjurkan untuk mengurangi asupan protein, yaitu hanya 0,8 gram per kilogram berat badan per hari.  

Kurangnya asupan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, lho, antara lain kehilangan massa otot yang menyokong kekuatan dan gerak tubuhmu, melemahnya sistem imun tubuh sehingga kamu gampang sakit, berkurangnya kepadatan dan kekuatan tulang, dan juga meningkatkan rasa lapar sehingga kamu ingin makan terus. Kekurangan protein juga berefek pada kesehatan kulit dan rambut, seperti kulit kering, penuaan dini, dan rambut menipis. 

Protein pada daging merah dan penyakit kardiovaskular  

Apakah kamu suka mengonsumsi masakan seperti steak atau sosis? Daging merah memang dikenal sebagai sumber protein yang tinggi, tetapi juga mengandung lemak jenuh dan sodium. Di dalam 4 ons steak sirloin yang dipanggang terdapat 33 gram protein, tetapi juga menghasilkan sekitar 5 gram lemak jenuh yang dapat meningkatkan level kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak.  

Berdasarkan penelitian di Harvard Chan School of Publich Health, mengonsumsi daging merah secara rutin meski dalam jumlah yang sedikit, apalagi daging merah olahan atau kalengan, memiliki kaitan sebagai penyebab meningkatnya faktor risiko penyakit jantung dan stroke, serta meningkatkan faktor risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan penyebab kematian lainnya.  

Pada penelitian lain, yaitu investigasi selama 20 tahun terhadap 120.000 pria dan wanita di Amerika, menghasilkan kesimpulan bahwa tambahan 3 ons daging merah dalam pola makan partisipan berkaitan dengan meningkatnya faktor risiko kematian oleh penyakit kardiovaskular sebesar 13 persen. Daging olahan bahkan lebih meningkatkan faktor risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Setiap penambahan 1,5 ons daging olahan dalam pola konsumsi partisipan, memiliki kaitan dengan peningkatan 20 persen faktor risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.  

Mengurangi asupan daging merah dapat menyelamatkan hidup. Para peneliti mengestimasi jika semua pria dan wanita dalam studi tersebut mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan hingga kurang dari setengahnya, satu dari sepuluh kematian akibat penyakit kardiovaskular dapat dihindarkan.  

Kamu dapat mengurangi asupan daging merah dengan meniru pola makan seperti vegetarian. Jika kamu masing pengen makan daging tetapi lebih sehat untuk kesehatan jantungmu, kamu bisa mencoba daging vegan. Namun, sumber protein tidak hanya daging, lho. Kamu tetap cukup asupan protein dengan alternatif-alternatif yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Yuk, kita simak!  

Pengganti daging bagi vegetarian 

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa tidak seperti vegan yang lebih ketat dan hanya mengonsumsi makanan yang berbasis tumbuh-tumbuhan, vegetarian masih dibolehkan mengonsumsi susu dan telur (ovo-lacto vegetarian). Dengan pemahaman tersebut, berikut daftar makanan vegetarian yang kaya akan protein.  

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan
    Polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber makanan tinggi protein. Setiap 100 gram lentil rebus mengandung sekitar 9 gram protein. Jenis makanan ini dapat dibuat dengan lezat dalam bentuk sup, semur, dan kaserol. Buncis, kacang hitam, kacang merah, bahkan kacang panggang merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan protein. Selain itu, banyak pilihan biji-bijian seperti gandum, barley, beras, dan quinoa yang mudah dimasak sekaligus menambah protein. Quinoa menjadi satu dari sedikit bahan makanan nabati yang termasuk protein komplet. Artinya, quinoa mengandung sembilan macam asam amino esensial. Cobalah resep burger berbahan utama quinoa yang bisa kamu buat di rumah.  
  2. Susu 
    Susu mengandung kalsium dan protein yang esensial dalam pola makan yang sehat. Setiap 100 gram susu sapi mengandung 3 gram protein, sementara 100 g keju cheddar mengandung sekitar 25 gram protein. Jika kamu ingin mengurangi lemak jenuh dan kalori, pilihlah susu rendah lemak. Bagi vegan juga ada pilihan susu dari kacang-kacangan, seperti susu almond dan susu hazelnut. Susu kedelai dapat diperbandingkan dengan susu hewani dalam hal level protein. Kamu bisa membuat smoothies dengan bahan utama susu kedelai. Selain itu, Yogurt Yunani juga mengandung protein, sekitar 6 gram pada setiap 100 gramnya.   
  3. Telur
    Telur mudah didapatkan, cukup murah dan sumber nutrisi. Sebutir telur yang direbus hingga matang mengandung sekitar 7 gram protein dan mengenyangkan, baik untuk sarapan maupun makan siang. Telur juga mudah dicerna serta rendah kalori. Tidak ada salahnya kamu mencoba resep omelet vegetarian untuk variasi sarapanmu.  
  4. Kedelai
    Protein kedelai merupakan bahan yang mudah diolah menjadi beragam makanan yang lezat. Tahu, contohnya, terbuat dari dadih susu kedelai dan diolah menjadi osengan atau salad. Tahu termasuk makanan rendah kalori an tinggi protein. Setiap 100 gram tahu mengandung 8 gram protein. Kacang kedelai sendiri dapat langsung dimakan atau diolah menjadi susu kedelai, miso, bahkan tempe. Setiap 100 gram kacang kedelai mengandung 15 gram protein. Walaupun protein nabati diserap secara berbeda oleh tubuh dibandingkan protein hewani, kedelai merupakan pengganti daging yang sudah diakui sejak dulu. Cobalah salah satu resep masakan vegetarian berbahan tahu yang mudah dibuat.
pengganti daging
Photo by Jossue Velasquez on Unsplash

Makanan vegetarian untuk kesehatan jantung 

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan Laporan Riset Kesehatan Dasar 2018, rata-rata prevalensi penyakit ini di Indonesia adalah sebesar 1,5% pada tahun tersebut. Kesehatan jantung kamu dapat dijaga dengan, salah satunya, mengurangi asupan daging dan menggantinya dengan alternatif yang lebih sehat.  

Mengganti daging merah dan daging olahan dengan sumber protein yang lebih sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, kedelai, dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular tersebut. Salah satu alasan kenapa protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan daging merah adalah karena perbedaan jenis lemak pada sumber protein tersebut. Sumber protein plant-based mengandung lemak yang tidak jenuh, rendah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung. Artinya, sumber protein nabati tidak mengandung kolesterol.

Selain memperbaiki pola makan, kamu juga perlu mempersiapkan perlindungan dari risiko finansial tak terduga akibat penyakit kardiovaskular, khususnya buat kamu yang rutin mengonsumsi daging merah. Salah satu caranya adalah dengan memiliki Asuransi Penyakit Jantung yang disediakan oleh Roojai Indonesia. Dengan asuransi ini, kamu akan diproteksi dari risiko kerugian finansial akibat penyakit jantung. Asuransi ini dapat menjadi pelengkap asuransi kesehatan utamamu atau BPJS jika kamu didiagnosis penyakit stroke iskemik atau hemoragik, serangan jantung akut, dan penyakit arteri koroner dengan manfaat yang sesuai dengan ketentuan polis. Asuransi ini juga memiliki benefit santunan tunai yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pengganti biaya yang hilang selama masa perawatan penyakit jantung.  

Sudah tahu belum kalau premi asuransi bisa kamu atur sesuai keinginan? Ubah anggapan bahwa asuransi penyakit kritis, seperti penyakit jantung koroner, identik dengan premi yang mahal. Roojai memberi kamu pilihan perlindungan sesuai kebutuhan, santunan, dan pengaturan budget yang tersedia, sehingga lebih fleksibel. Asuransi Penyakit Jantung dari Roojai memberikan kamu asuransi dengan harga terbaik di kelasnya dan dengan kemudahan pembelian secara online.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!