Menu

Memiliki hobi atau kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh menjadi cara mudah untuk kamu tetap memiliki fisik dan mental prima. Pasalnya, kemudahan teknologi semakin membuat banyak orang malas gerak dan memiliki hobi yang cenderung mengganggu kesehatan seperti bermain game online.

Seperti apa kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental? Apa saja manfaat memiliki hobi ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Jenis kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Olahraga menjadi salah satu kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Dengan berolahraga rutin, maka kamu akan memiliki fisik yang lebih kuat, mendukung diet dan pembentukan tubuh ideal.

Nah, berikut ini hobi atau kegemaran lain yang bisa kamu coba untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mental.

1. Menari

Siapa sangka menari adalah salah satu kegiatan atau hobi positif bagi tubuh. Baik menari tradisional ataupun modern, semuanya bermanfaat. Pasalnya, selain membuat kamu mengeluarkan keringat seperti berolahraga, kamu juga akan merasakan kesenangan sembari ditemani musik. Otomatis hal ini bisa menyehatkan mentalmu juga. Asyik, bukan?

Ada banyak jenis tarian yang bisa kamu tekuni sebagai hobi baru, mulai dari tarian tradisional, ballet, belly dance, aerobik, hip-hop, jazz, pole dance, salsa, tap dance, modern dance, latin dance, zumba, flamenco, dan masih banyak lagi.

Jika kamu masih malu-malu untuk daftar di sanggar tari terdekat, setel saja musik di kamar dan gerakan tubuh mengikuti irama musik kesukaan kamu.

2. Fotografi alam

Kalau selama ini hobimu adalah swafoto (selfie), cobalah mulai memotret objek selain diri kamu. Contohnya alam seperti pepohonan, bunga, burung, atau hewan lainnya.

Pasalnya, seni fotografi alam adalah contoh hobi yang sehat karena biasanya membuat kamu “wajib” mengunjungi berbagai tempat yang indah. Fotografi alam juga mengharuskan kamu bergerak dan menenangkan pikiran karena kamu terlepas dari rutinitas harian yang membosankan. Wajib dicoba, ya!

3. Masak

Jika kamu berpikir memasak adalah kegiatan menjemukan, mulai hilangkan pikiran itu! Sebab, memasak bisa menjadi kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian?

Salah satu alasannya adalah dengan memasak kamu mengganti kebiasaan makan atau jajan makanan cepat saji. Ini juga akan memperbaiki keuangan kamu agar lebih hemat.

4. Berkebun

Berkebun terkesan kotor dan bermain panas-panasan di bawah terik matahari. Tapi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu alasannya adalah kulitmu mendapat vitamin yang dibutuhkan dari sinar matahari pagi.

Selain itu, kegiatan fisik yang diperlukan selama berkebun, seperti mencabut ilalang, memotong rumput, mengatur pot tanaman, mengangkat beban, serta menggunakan alat berkebun dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh.

5. Menulis dan menggambar

Mencurahkan isi hati melalui tulisan tangan atau mengetik adalah kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, menulis dan menggambar diyakini sebagai cara yang efektif untuk menenangkan pikiran saat berada di bawah tekanan berat dan memulihkan emosi negatif.

6. Olahraga

Olahraga adalah contoh hobi yang manfaat kesehatannya tidak perlu diragukan. Apapun jenis olahraga yang kamu pilih seperti berjalan kaki bersepeda, hiking, menyelam, atau ke gym akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Dari enam kegiatan ini adakah yang menjadi hobi kamu? Atau, kamu punya kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh selain kegiatan tersebut?

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan dan kini banyak peminatnya, simak artikel berikut untuk memperlajari tentang Manfaat Bersepeda Yang Ternyata Belum Kamu Tahu

Manfaat hobi untuk kesehatan mental

hobi yang bermanfaat bagi kesehatan mental
Image by Freepik

Hobi sering dianggap sebagai kegiatan bagi orang yang menjalani kehidupan yang santai. Padahal kegiatan ini justru memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang sibuk bekerja karena bisa mengurangi stres.

Apa saja manfaat hobi bagi kesehatan mental dan fisik? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

1. Memiliki waktu jeda dari rutinitas

Memiliki kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh berarti kamu punya waktu jeda dari rutinitas harian seperti bekerja. Dengan memiliki waktu jeda dari rutinitas harian, kamu akan bisa mengisi ulang energi dan motivasi diri.

2. Memicu stres positif

Tahukah kamu bahwa stres tidak selamanya buruk? Stres positif bisa kamu dapatkan dengan memiliki hobi yang berguna. Misalnya kamu memiliki hobi fotografi alam, maka kemungkinan kamu akan selalu ingin kembali ke alam dan mendapatkan foto terbaik. Dengan begitu, kamu akan terus mengasah kemampuan dan menabung untuk melakukan trip ke alam.

Walaupun stress tidak selamanya buruk, namun apabila tidak dikontrol dan diatasi, dapat berimplikasi pada penyakit kritis. Tahukah kamu bahwa Stres dan Kanker ternyata berhubungan, Bagaimana Hubungan Keduanya? Cari Tahu Di Sini.

3. Mendongkrak interaksi sosial

Hobi bisa membuka diri kamu dari si pendiam menjadi pribadi yang lebih ramah terhadap orang lain di sekitar. Dengan memiliki hobi seperti bersepeda, mungkin akan menimbulkan ketertarikan dalam diri kamu untuk menemukan komunitas yang sesuai.

4. Meningkatkan energi positif

Dalam penelitian ilmu psikologi positif ditemukan bawah aktivitas yang membawa kesenangan bisa menjadi hal yang luar biasa untuk relaksasi. Aktivitas yang menyenangkan, termasuk melakukan hobi, dapat meningkatkan suasana hati kamu.

5. Hobi mencegah kelelahan atau burn out

Kelelahan menjadi salah satu pemicu utama stres. Jika sudah stres, tubuh akan mudah terserang penyakit, termasuk mental. Untuk itu, memiliki kegemaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga akan menyehatkan mental kamu dan menjaga dari risiko berbagai penyakit yang lebih serius.

Selain memiliki hobi yang positif agar kesehatan terjaga, ada baiknya untuk kamu juga memiliki proteksi yang memberikan perlindungan atas risiko finansial kalau kamu mengalami sakit kritis. Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai Indonesia menyediakan proteksi yang meng-cover 5 jenis penyakit kritis: Kanker, Penyakit Jantung, Saraf, Gagal ginjal, dan Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk. Sesuaikan pilihan manfaat dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!