Menu

cara menjaga kesehatan jantung
Image by Freepik

Olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat memang senjata ampuh yang dikenal sebagai cara menjaga kesehatan jantung. Namun selain dua hal itu, sebenarnya ada hal-hal simpel lain yang kalau kamu lakukan juga bisa membantu kesehatan jantung.  

Dilansir dari situs health.cleveland.org, dokter Marc Gillinov merekomendasikan lima kebiasaan yang bisa diterapkan sebagai cara menjaga kesehatan jantung kamu dengan lebih efisien. Terapkan kebiasaan ini sebagai bagian dari gaya hidup kamu, supaya jantung bisa bekerja optimal untuk kamu.

Pilih lemak baik, jauhi lemak trans

Lemak memang nggak bisa dihapuskan sama sekali dari pola makan kamu. Nyatanya, tubuh kita memang masih membutuhkan lemak, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh, serta lemak tak jenuh ganda. Ada juga jenis lemak yang nggak dibutuhkan oleh tubuh, yaitu lemak trans. Lemak jenis ini diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.  

Lemak trans diketahui bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dengan meningkatkan angka kolesterol jahat yang dikenal sebagai low density lipoprotein (LDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL). Mengurangi asupan lemak trans bisa memperlancar aliran darah di dalam tubuh.  

Tapi apa sebenarnya lemak trans? Lemak trans adalah lemak yang diproduksi oleh industri makanan dan biasa digunakan untuk membuat makanan kemasan, termasuk juga terdapat dalam margarin dan gorengan fast food, untuk menambah rasa dan tekstur.

TIP: Baca label pada kemasan makanan untuk memastikan ada tidaknya lemak trans ataupun kadarnya. Lemak trans biasanya ditulis sebagai “partially hydrogenated oils” pada kemasan. Pilih makanan kemasan dengan kandungan 0 persen lemak trans.

Menjaga pola makan sangat besar pengaruhnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk mencegah penyakit stroke, ternyata ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari.  

Bersihkan gigi dengan dental floss

Tahukah kamu, kondisi kesehatan gigi dan mulut merupakan indikasi kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan, termasuk kesehatan jantung kamu. Studi memperlihatkan, mereka yang punya masalah gusi kerap kali juga diketahui memiliki masalah jantung. Penelitian menemukan, bakteri di mulut yang menyebabkan penyakit gusi bisa masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan kenaikan kadar protein C-reactive, sebuah penanda adanya peradangan dalam pembuluh darah. Perubahan ini pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

TIP: Bersihkan gigi kamu dengan menggosok gigi dan menggunakan dental floss setiap hari. Kalau mengalami sakit gigi atau peradangan pada gusi, segera tangani ke dokter ya.

Hubungan pertemanan toxic ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan mental kamu. Waduh, supaya bisa terhindar, coba kenali ciri-ciri teman toxic ini ya.

Penuhi jam tidurmu setiap hari

Jam tidur yang cukup merupakan hal yang penting. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh setelah beraktivitas di siang hari. Dan ternyata, tidur juga merupakan bagian dari cara menjaga kesehatan jantung.  

Jam tidur yang kurang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, meskipun usia kamu masih muda atau cukup menerapkan gaya hidup sehat. Sebuah riset yang meneliti 3.000 orang dewasa berusia di atas 45 tahun menemukan, mereka yang tidur kurang dari 6 jam per hari memiliki risiko 2 kali lebih tinggi untuk mengalami stroke atau serangan jantung dibanding mereka yang tidur 6 sampai 8 jam per malam.  

Para peneliti mempercayai, jam tidur yang kurang menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan dan proses biologis tubuh, termasuk tekanan darah dan peradangan.

TIP: Jadikan tidur sebagai prioritas. Cukupkan waktu tidur kamu, sekitar 7 sampai 8 jam sehari. Kalau kamu punya masalah tidur seperti sleep apnea, segera berkonsultasi dengan dokter untuk menanganinya.

Jangan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama ternyata bisa mengganggu kesehatan jantung kamu. Ketika duduk, energi yang digunakan tubuh menjadi lebih sedikit dibandingkan saat kamu berdiri atau bergerak.

jangan duduk terlalu lama untuk kesehatan jantung
Photo by TheStandingDesk on Unsplash

Dilansir dari situs Mayoclinic, penelitian mengaitkan duduk terlalu lama dengan sejumlah masalah kesehatan. Termasuk di antaranya obesitas dan kondisi yang saling berkaitan: peningkatan tekanan darah, kadar gula darah, kenaikan tumpukan lemak di sekitar pinggang dan kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan yang disebut sebagai sindrom metabolik.  

Duduk terlalu lama juga berkaitan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler dan kanker.

TIP: Sebisa mungkin kurangi waktu duduk dengan berdiri dan bergerak. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini:  

  • Kalau memang harus bekerja di depan komputer, istirahat setiap 30 menit. Berdiri dan bergeraklah.  
  • Berdiri dan berjalan ketika bicara dengan telepon atau menonton TV 
  • Coba pakai meja yang lebih tinggi, jadi kamu bisa bekerja di laptop sambil berdiri.

Duduk terlalu lama dikaitkan dengan sindrom metabolik? Apa itu sindrom metabolik dan apa saja komplikasi yang perlu diwaspadai?

Hindari asap rokok

Penelitian menunjukkan, risiko penyakit jantung bisa naik sekitar 25 sampai 30% pada orang yang terpapar asap rokok di rumah maupun di tempat kerja. Bahkan menurut American Heart Association, paparan terhadap asap rokok menyumbangkan sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.  

Selain itu, non-perokok yang punya tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi punya risiko penyakit jantung lebih tinggi ketika terpapar asap rokok. Sebab, bahan kimia yang ada dalam asap rokok bisa meningkatkan pembentukan plak pada pembuluh jantung.  

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Walaupun terlihat sepele, semuanya punya dampak besar dalam melindungi kesehatan jantung kamu.  

Selain melakukan kebiasaan tadi, lengkapi diri kamu dengan asuransi yang bisa menjadi perlindungan dari beban keuangan akibat mahalnya biaya penyakit kritis, termasuk penyakit jantung koroner.  

Roojai menghadirkan Asuransi Penyakit Kritis yang bisa dibeli secara online, fleksibel dan terjangkau. Kamu bisa mengatur proteksi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Santunannya bisa diatur sampai 1 miliar rupiah, dan premi mulai dari 4.500 rupiah per bulan untuk proteksi dari penyakit jantung.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!